8 HAL YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA INFORMATIKA



1. MINDSET
Selama ini kita dari sekolah TK sampai sekolah Menengah kita itu dipaksa untuk "menghafal" bukan dipaksa untuk menjadi seorang yang logic, sehingga hal ini menjadi sangat menyulitkan bagi orang-orang yang belum bisa berpindah dari mindset penghafal menjadi seorang yang logic. belajar informatika harus berlandasan logic. apakah kita tidak boleh menghafal?
boleh! tapi caranya dengan "menghafal dengan latihan", karena informatika ilmu eksakta yang berfokus pada ilmiah/logic.

2. SELALU UPDATE TEKNOLOGI INFROMASI & KOMUNIKASI
Update teknologi infomasi & komunikasi (TIK) adalah sebuah kebutuhan bagi mahasiswa informatika perkembangan TIK berubah setiap detik akses informasi tersbut bisa dari buku, internet dan dari media informasi lainnya.

3. KUASAI LOGIKA & ALGORITMA
Algoritma merupakan jantung dari ilmu informatika sangatlah tepat, menguasai algortima maka membuat cara berfikir kita menjadi lebih terstruktur dan solutif. algoritma mengajarkan bagaimana menyusun step by step langkah cara menyelsaikan masalah, hal ini tidak hanya berhubungan dengan pemograman saja tapi juga permasalahan umum. menguasai algoritma maka menjadi modal penting untuk mudah mempelajari pemograman.
jadi pelajarilah algoritma dengan baik dan benar karena ini gerbang belajar ilmu-ilmu yang kita pelajari diperkulihan.

4. ILMU MATEMATIKA
Matematika merupakan dasar dari ilmu eksakta, anggapan bahwa belajar matematika itu sulit karena salah meresepsikan bagaimana memahami matematika itu sendiri. matematika bukan angka tapi metode, angka hanya sarana mempermudah memahami sedangkan yang lebih penting adalah berfokus pada metode-metode yang ada dalam matematika tersebut.
jadi belajar matematika itu lebih muda jika tidak hanya berfokus pada angkanya saja, kalau befokus pada angkanya melihat angka saja kita sudah pusing.

5. BAHASA PEMOGRAMAN
Mahasiswa informatika harus menguasai bahasa pemograman minimal 1 bahasa pemograman, walaupun selama kuliah kita diajari macam-macam bahasa pemograman tapi kita harus menguasai salah satu bahasa pemograman tersebut. membuat program itu bagaimana kita bisa berkomunikasi langsung sama program yang kita buat.

6. NETWORKING
Hampir semua komputer sekarang ini terhubung dengan komputer lain atau membicarakan tekonologi informasi pasti juga membicarakan komuniasi. menguasai netwoking atau jaringan komputer menjadi satu kaharusan apalagi yang mempunyai minat besar terhadap seluk beluk networking. jadi mungkin ada yang kurang berminat pada pemograman dan suka pada hardware seperti networking. menguasai networking menjadi sangat penting sekali apa lagi ditunjang kompetensinya yaitu dengan sertifikasi-sertifikasi local ataupun internasional itu akan menjadi nilai tambah jika nanti digunakan untuk melamar pekerjaan.

7. BASIS DATA/DATABASE
Informasi tentunya berasal dari data. data sendiri adalah data apa yang kita dapat baik dari kita lihat atau kita dengar, rasakan dan kita temukan itu semuanya bisa menjadi sebuah data.
data lebih bermakna jika kita olah sehingga menjadi infomasi, dalam pengolahan data basis data/database itu sangat penting, karena saat kita mengolah tidak hanya selesai begitu saja tapi kita harus simpan. data tersimpan itu bisa kita manipulasi kita organisasikan atau kita olah menjadi hal-hal yang baru, yang mungkin bisa dibutuhkan pada proses selanjutnya.
jadi belajar/menguasai database menjadi satu keharusan apa lagi misalnya kia membuat aplikasi yang membutuhakan database.

8. ANALISIS DAN DESAIN
Kemampuan analisa dan desain sangat dibutuhkan saat kita membuat project-project program atau sistem, karena ini menjadi langkah awal bagaimana kita bisa mengimplementasikan, bisa mewujudkan sebuah sistem rancangan baik hardware atau software diawali dengan analsis kemudian kita bisa merancang sehingga menjadi sebuah sistem yang lengkap. hasil dari implementasi bisa sangat bergantung dari tahapan analisa dan desain ini.



8 HAL YANG HARUS DIKUASAI MAHASISWA INFORMATIKA
 




About Me

Selamat datang di Blog saya, untuk memenuhi tugas e-learning PTIK kampus BSI CIKARANG yang di adakan mata kuliah tersebut saya membuat blog ini,dan semoga blog ini bisa bermanfaat bagi semua.terimakasih.

Sekilas tentang penulis

"Manajeman Informatika".

Navigasi

Social Stuff

About Me