14 Rumus Excel Yang Sering Digunakan



Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang familiar dikalangan para pengguna komputer, khususnya bagian dari penggunaan pengolahan data. Microsft excel sendiri memiliki beragam rumus dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda, namun tidak semua rumus diketahui oleh banyak orang. nah kali ini admin akan membagikan 14 RUMUS EXCEL YANG SERING DIGUNAKAN, sehingga apabila kita menguasai 14 rumus ini maka kita akan dengan muda mengerjakan tugas-tugas pekerjaan kantor ataupun perkulihan.  inilah 14 rumus yang sering digunakan:

1. SUM
sum adalah rumus yang digunakan untuk menjumlahkan data pada range, sum ini merupakan rumus yang paling familiar dan sangat sering kita gunakan diantara rumus-rumus lainnya.


2. COUNT
count adalah rumus yang digunakan untuk menghitung banyaknya data, mirip dengan sum cuma bedanya adalah sum untuk menjumlahkan data sedangkan count untuk menghitung banyaknya data pada suatu range.




3. AVERAGE
average adalah rumus yang digunakan untuk mendapatkan nilai rata-rata dari kumpulan data pada suatu range.

4. IF
if adalah rumus logika pada excel yang memudahkan kita untuk mengambil suatu pernyataan berdasarkan perbandingan kriteria tertentu, if ini sering kita jumpai pada pengolahan data yang berhubungan dengan perbandingan kondisi pada suatu data.


5. SUMIF
sumif adalah turunan dari fungsi sum dimana sumif digunakan untuk menjumlahkan data berdasarkan kriteria tertentu.

sebagai contoh, pada tabel sederhana yang terdiri dari 1 kolom yang berisi angka 1 - 10, kamu akan menjumlahkan angka yang lebih dari 5, maka hasilnya adalah 6+7+8+9+10 = 40.


6. COUNTIF
conntif adalah turunan dari fungsi count dimana countif digunakan untuk menghitung banyaknya data berdasarkan kriteria tertentu.

sebagai contoh, pada tabel sederhana pada cell B1:B6, kita ingin menghitung berapa jumlah kata duren dengan menggunakan rumus COUNTIF. rumus COUNTIF pada cell D1.
output dari hasil perhitungan dari rumus tersebut akan menghasilkan nilai 2, (kareana ada dua kata duren pada cell B1 sampa B6)

7. PROPER
proper adalah fungsi yang digunakan menjadikan huruf besar dihuruf pertama pada string text dan huruf lain setelahnya dijadikan huruf kecil, dengan kata lain karakter pertama adalah kapital dan setelahnya bukan kapital atau huruf kecil.


8. UPPER
upper merupakan konversi text menjadikan huruf besar semua.



9. LOWER
lower merupakan konversi text menjadikan huruf kecil semua.



10. LEFT, MID, & RIGHT
left, mid dan right merupakan fungsi text pada excel dimana left berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari suatu cell dimulai dari kiri, mid berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari suati cell dimulai dari tengah, right berfungsi untuk mengambil beberapa karakter dari suatu cell dimulai dari kanan.

LEFT




MID



RIGHT


11. LEN
len digunakan untuk mengetahui jumlah karakter pada suatu cell.


12. ROUND
round digunakan untuk membulatkan angka kejumlah digit yang ditentukan, fungsi ini biasanya kita jumpai pada laporan keuangan yang terdapat bilangan desimal, sehingga memerlukan proses pembulatan.




13.  CONCATENATE
concatenate digunakan untuk menggabungkan kata.

14. VLOOKUP & HLOOKUP
vlookup dan hlookup sama-sama digunakan untuk fungsi yang mengambil dapat tabel lain berdasarkan kategori kunci yang ditentukan. vlookup dan hlookup sering kita temui di tugas-tugas kantor atau diperkulihan.
perbedaan vlookup & hlookup adalah:
vlookup mengambil data secara secara vertikal
hlookup mengambil data secara secara horizontal








14 Rumus Excel Yang Sering Digunakan
 




About Me

Selamat datang di Blog saya, untuk memenuhi tugas e-learning PTIK kampus BSI CIKARANG yang di adakan mata kuliah tersebut saya membuat blog ini,dan semoga blog ini bisa bermanfaat bagi semua.terimakasih.

Sekilas tentang penulis

"Manajeman Informatika".

Navigasi

Social Stuff

About Me