Sekilas tentang SWiSHmax

A.  Sekilas tentang :














SWISHmax adalah suatu penambahan edisi baru dari SWISHzone keluarga Flash. Jika anda ingin menciptakan kreasi yang menarik dan powerful Fash animasi tanpa menggunakan Flash tentu SWISHmax adalah cocok untuk anda!


 SWiSHmax sangat mudah digunakan, anda dapat membuat  animasi-animasi degan text, images, graphics dan suara tanpa banyak menyita waktu. SWiSHmax sekarang memiliki lebih dari 230 built-in effects seperti Explode, Vortex, 3D Spin, Snake dan banyak lagi lainnya. SWiSHmax memiliki tools    ( alat-alat) untuk membuat garis (lines) , Kotak ( rectangles) , ellipses, Bezier curves, motion paths, sprites, tombol (rollover buttons), dan  input forms yang terhubung antar-muka dan mudah diguakan.

Perbedaan besar antara SWiSHmax dan SWiSH2 ( versi sebelumnya ) adalah penuh degan penerapan scripting language: SWiSHscript. bagaimanapun, ada banyak corak baru  yang menakjubkan dari pada SWiSH2.

SWiSHmax di eksport ke dalam fike format SWF yang digunakan oleh Macromedia Flash™, demikian juga animasi anda akan dapat dimainkan di beberapa sistem  ( komputer ) yang telah memiliki/ terinstal FlashPlayer.

SWiSHmax animasi dapat disatukan  kedalam beberapa halaman web atau di import ke Flash. Dapat juga di masukan ke dalam email, di embed  (disatukan ) pada Microsoft PowerPoint presentation atau termauk ke dalam  Microsoft Word document.

B.  Sistem Minimum Yang Dibutuhkan:
1     Windows 95/98/ME/NT4/2000/XP
2     Pentium P2
3     64Mb of RAM
4     800×600 pixels by 256 color display
5     SWiSHmax tidak memerlukan Macromedia Flash™ untuk menginstal kedalam system anda.


C.   Membuka progam SWiSHmax
Ada dua cara untuk membuka program SWiSHmax yaitu melaui Start Menu dan melalui ikon SWiSHmax di layar desktop.
  1. Melalui Start Menu       : Klik Start – Program – SWiSHmax
  2. Melalui Dekstop           : Double klik ikon SWiSHmas yang ada pada layar desktop
 D.   Mengenal area kerja SWiSHmax

Bagian dari area kerja SWiSHmax antara lain
  1. Main Menu
Terdiri dari 9 menu utama yang masing-masing berisi sub menu untuk mengatur file, seperti mengedit movie, mengatur tampilan, dan memodifikasi objek animasi.
  1. Toolbar
Terdiri dari 3 tampilan toobar yaitu Standart Toolbar, Inser Toolbar, dan Control Toolbar.
  1. Timeline Panel
Berguna untuk mengorganisasi frame atau scene dan menambahkan efek pada movie
  1. Outline Panel
Bagian yang menampilkan teruktur dari sebuah movie.
  1. Layout Panel
Memiliki 5 komponen yaitu Toolbox, Tool Options, View ptions, dan Workspace dan Stage.
1.      Toolbox , berisi tool untuk membuat dan mengedit objek.
2.      Tool Options berisi tool untuk melakukan transformasi objek.
3.      View Options, berisi tool untuk mengatur tampilan elemen animasi pada area Stage.
4.      Workspace merupakan komponen utama dari Layout Panel
5.      Stage adalah tempat dimana elemen animsi dibuat atau lebih cepat lagi disebut sebagai layer animasi
  1. Status Bar
Bagian yang menampilkan informasi mengenai kegunaan tool yang kita pilih, ukuran file, serta titik koordinat X dan Y yang akan terus berubah mengikuti posisi kursor pada area workspace atau stage.
  1. Movie Panel
Berfungsi untuk mengatur property movie seperti memilih warna background, menetapkan ukuran stage dan frame rate. Frame rate adalah jumlah frame yang diperlukan untuk satu detik perputaran movie (fps = frame per detik)


  D.   Memasukkan dan Mengedit Objek

1.      Mamasukkan Teks
Untuk memasukkan Teks adalah
o       Cara memasukkan Teks, Klik Ikon T yang ada pada Toolbox
o       Arahkan pointer ke Stage kemudian klik dimana teks akan ditampilkan
2.      Memasukan Image
Untuk memasukkan gambar caranya klik menu Insert kemudian pilih Image
3.      Mengedit Teks
Untuk Mengedit teks adalah
o       Klik teks yang ada pada Stage
o       Kemudian atur jenis font, ukuran font warna font yang ada pada Movie Panel Movie
4.      Mengatur Background Color
Untuk mengatur background color adalah
o       Klik Movie yang ada pada Movie Panel.
o       Pada kotak warna background color pilih warna yang diinginkan
 D.   Menyimpan dan Menutup Program SWISHmax
Untuk menyimpan dan menutup program SWiSHmax langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
o       Untuk menyimpan Klik Menu File – Save As, atau tekan Ctrl+S
o       Untuk menutup Klik Menu File – Exit atau Alt+F4

 E.   Keunggulan & Kekurangan SWISHmax
 Kelebihan :
  • Dapat menstimulasi efek gerak.
  • Dapat diberi suara dan warna.
  • Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajian.
  • Tidak memerlukan ruang gelap dalam penyajian.
Kekurangan :
  • Memerlukan peralatan khusus dalam penyajian.
  • Memerlukan tenaga listrik.
  • Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatan. 
 
 Impian Perkembangan software :

 Semoga software SWishmax bisa selalu update dengan mengikuti perkembangan software - software animasi modern sekarang ini. mulai dari grafiknya yang selalu terlihat menarik.dan tool yang mudah digunakan.terimakasih.
Swishmax dapat dijadikan alat gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Pembelajaran berbasis multimedia dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Siswa dapat mempelajari materi pelajaran tertentu secara mandiri dengan komputer yang dilengkapi program multimedia. Di pasaran banyak beredar software-software edutainment yang memadukan pendidikan dengan hiburan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

Swishmax dapat dijadikan alat gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Pembelajaran berbasis multimedia dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Siswa dapat mempelajari materi pelajaran tertentu secara mandiri dengan komputer yang dilengkapi program multimedia. Di pasaran banyak beredar software-software edutainment yang memadukan pendidikan dengan hiburan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Swishmax dapat dijadikan alat gabungan konsep pembelajaran dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan. Pembelajaran berbasis multimedia dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Siswa dapat mempelajari materi pelajaran tertentu secara mandiri dengan komputer yang dilengkapi program multimedia. Di pasaran banyak beredar software-software edutainment yang memadukan pendidikan dengan hiburan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

Kelebihan:.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

Kelebihan: Dapat menstimulasi efek gerak. Dapat diberi suara dan warna. Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajian. Tidak memerlukan ruang gelap dalam penyajian. Kekurangan: Memerlukan peralatan khusus dalam penyajian. Memerlukan tenaga listrik. Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Kelebihan:.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

Kelebihan: Dapat menstimulasi efek gerak. Dapat diberi suara dan warna. Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajian. Tidak memerlukan ruang gelap dalam penyajian. Kekurangan: Memerlukan peralatan khusus dalam penyajian. Memerlukan tenaga listrik. Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Kelebihan: Dapat menstimulasi efek gerak. Dapat diberi suara dan warna. Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajian. Tidak memerlukan ruang gelap dalam penyajian. Kekurangan: Memerlukan peralatan khusus dalam penyajian. Memerlukan tenaga listrik. Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Swishmax relatif lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Macromedia Flash dan dengan hasil relative sama Swishmax sudah dilengkapi dengan berbagai amimasi yang menarik dan mudah dalam penggunaanya. Swishmax juga mampu menangani link antar objek maupun dokumen. Swishmax memungkinkan melakukan Import file aminasi seperti animasi flash. Dapat dipadukan dengan beberapa aplikasi program lain seperti Photoshop, Corel Draw..... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia
Kelebihan: Dapat menstimulasi efek gerak. Dapat diberi suara dan warna. Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajian. Tidak memerlukan ruang gelap dalam penyajian. Kekurangan: Memerlukan peralatan khusus dalam penyajian. Memerlukan tenaga listrik. Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatan.... Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/keunggulan-swishmax.html
Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia



Sekilas tentang SWiSHmax
 




About Me

Selamat datang di Blog saya, untuk memenuhi tugas e-learning PTIK kampus BSI CIKARANG yang di adakan mata kuliah tersebut saya membuat blog ini,dan semoga blog ini bisa bermanfaat bagi semua.terimakasih.

Sekilas tentang penulis

"Manajeman Informatika".

Navigasi

Social Stuff

About Me